Selasa, April 09, 2013

MENANGANI SAMPAH DAN KEBERSIHAN SECARA TOTAL BUKAN HANYA TUGAS PEMERINTAH TAPI JUGA MASYARAKAT

Bangsa kita masih perlu banyak belajar tentang pentingnya arti kebersihan. Kebersihan yang bermuara pada kesehatan. Kita masih dalam proses menuju kesana. Padatnya penduduk, tentunya juga semakin banyaknya kebutuhan hidup yang dibutuhkan dan tentunya efek sampingnya banyaknya sampah yang ditinggalkan dari hasil produksi, konsumsi dan sisa-sianya berupa sampah bakal bahkan bukan bakal lagi tapi sudah merupakan masalah berat yakni pembuangan sampah dan tempatnya. Lingkaran produksi, konsumsi dan akhirnya SAMPAH! Kita bahas saja tentang membuang sampah. Meski sudah dibuatkan perda oleh masing-masing pemerintah Propinsi, Kabupaten/Kota dan disosialisasikan dari strutur Pemerintahan Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan, Desa dan Banjar dan dipasang dengan papan besar-besar disamping bak sampah, tapi toh pelanggaran waktu dan saat membuang sampah masih tetap berlangsung. Masih banyak warga masyaralkat yang membuang sampah diluar waktu yang ditentukan.Nampaknya mebuang sampah ini bersifat sangat mendesak. Warga masyarakat tidak mau dan tidak suka kalau berlama-lama menyimpan sampah di rumahnya atau ditempat sampah rumahnya. Sadar atau tidak hal ini akan berdampak pada masalah kesehatan keluarga dilingkungan rumahnya. Inilah mungkin salah satu faktor penyebabnya mengapa mereka buru-buru sesegera mungkin membuang sampah kendati tidak tepat pada waktu yang ditentukan sesuai perda Kabupaten/Kota yang telah dibuat dan diterapkan. Tingkat kepatuhan/ketaatan terhadap peraturan yang berlaku,kedisiplinan, ketertiban masih perlu ditingkatkan. Pembuangan sampah dan pelanggaran karena tidak sesuai dengan peraturan yang ditentukan Pemerintah pada akhirnya cq DKP (Dinas Kebersihan danPertamanan) bertindak tegas. Seperti yang dilakukan DKP Kota Denpasar. Terutamasekali beberapa tempat sampah yang ditempatkan di jalan-jalan utama atau jalan protokol pusat kota. Bahkan untuk mendisiplinkan warga masyarakat dan menegakkan aturan yag berlaku, disetiap bak pembuangan sampah tersebut kini dijaga oleh Satpol PP (ini penulis lihat dari mobil hitam bertuliskan Satpol PP yang parkir disamping bak sampah dan beberapa petugas berseragam hitam-hitam diseputar TKP).Ini artinya Pemerintah cq Pemerintah Kota Denpasar khususnya dimana saya berdomisili sangat serius dan tidak main-main dalam menangani masalah sampah dan kaitannya dengan kebersihan Kota Denpasar tentunya. Disatu sisi, tindakan tegas ini perlu dan wajib dilakukan Pemkot Denpasar untuk pembelajaran terhadap penduduk Kota Denpasar khususnya dalam berdisiplin membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungannnya dan juga citra Kota Denpasar yang merupakan Kota Propinsi Bali. Namun demikian tentunya tidak boleh setengah-setengah. Maksud penulis , tidak hanya terkonsentrasi pada jalan-jalan utama dan protokol saja. Sebab jika tidak ditangani secara total dan menyeluruh sampai kepelosok-pelosok Desa maka yang terjadi hanya di pusat kota dan jalan-jalan utama saja yang nampaknya bersih tapi di tempat-tempat tersembunyi dan jalan-jalan kecil sampah akan berserakan. Mengapa bisa demikian? Karena warga masyarakat terutama sekali yang biasanya membuang sampah tidak tepat pada waktunya sesuai peraturan atau perda tersebut sudah terlanjur membawa sampah dalam bungkus tas kresek umumnya tidak akan mau kembali pulang membawatas keresek sampahnya manakala tempat sampah dimana mereka biasanya membuang sampah dijaga oleh Satpol PP. Sampah tersebut tidak boleh kembali kerumah! Kalau dianalogikan, ludah yang sudah ditumpahkan ketanah mana mungkin dijilat kembali? Jijik bukan? Akibat pikiran bahwa sampah yang terlanjur dibawa keluar rumah mesti dibuang (bagaimana pun caranya) pada akhirnya dibuang sembarangan disuatu tempat yang tersembunyi. Maka, berserakanlah sampah ditempat-tempat tersembunyi tersebut dimana tidak ada petugas pengawas yang mengawasi dan menjganya. Maka, kitapun akan menambah permasalahan baru dalam masalah penaganan sampah kaitannya dengan kebersihan. Sabagai contoh, penulis yang juga tinggal dipusat Kota Denpasar dimana jalan protokol atau jalan raya utama telah disediakan bak penampung sampah sebanyak tiga buah. Beberapa warga sekitarnya membuang sampah disana. Bahkan tidak saja warga sekitarnya, bahkan warga yang tinggalnya sangat jauh pun membuang sampah disana akibat didekat atau diseputar tempat tinggal mereka sudah tidak tersedia bak sampah akibat penolakan beberapa warga yang tidak mau di dekat rumahnya ditaruh bak sampah DKP. Hal ini tentunya akibat bau busuknya yang menyengat dan menyesakkan nafas. Ada yang membuang sampah taat sesuai dengan jam dan waktu ditentukan sesuai jadwal, tapi tidak sedikit pula yang membuang sampah diluar jam dan waktu yang ditentukan alias melanggar aturan! Nah setelah kini dijaga Satpol PP pada bak sampah tersebut, banyak yang kembali dan menghin dari bak sampah tersebut kalau tidak mau ditangkap dan dinaikkan mobil Satpol PP tersebut kemudian (mungkin) akan digelandang kekantor Satpol PP atau kantor DKP. Namun mereka para warga masyarakat yang sudah terlanjur membawa sampah dalam tas plastik kreseknya tentu kebanyakan merasa risih kalau membawa sampah tersebut kembali pulang ke rumahnya. Oleh karena itu maka mereka akan membuang sampah tersebut sembarangan di tempat-tempat tersembunyi yang jauh dari jangkauan pengawasan petugas tersebut. Maka,lihatlah dan berkelilinglah kepelosok-pelosok Kota Denpasar. Pergilah Anda ke selok-selokan/got-got yang terletak di tempat tersembunyi dan jalan Desa. Bahkan juga sungai-sungai kecil yang ada di Desa-desa pinggiran Kota, tegalan-tegalan kosong yang belum dihuni serta tempat “leke-leke” lainnya. Wah kumuh banget. Ini bagaikan Sunsdel Bolong,cantik dimuka tapi borok dibelakang! Tulisan ini hanyalah sebuah opini hasil dari penglihatan danpengamatan secara nyata dari langsung dari penulis. Bahkan si penulis langsung merasakannya. Sebab got-got di depan dan di samping tempat tinggal penulis kini sering ditemukan beberapa bungkusan tas kresek berisi sampah. Kebetulan juga got-got tersebut belum ditutup trotoar diatasnya sehingga warga masyarakat yang urung membuang sampah di bak sampah yang disediakan di jalan utama lalu kembali karena tempat membuang sampah tersebut dijaga petugas. Agar tidak membawa sampah tersebut kembali ke rumahnya maka dibuanglah di got-got tersebut dan juga sungai-sungai kecil tak jauh darirumah penulis. Akan timbul dampak baru lainnya dari perilaku ini yakni banjirbila musim hujan tiba. Sementara iru, biang keladi dari sampah yang berserakan disepanjang jalan raya akibat ulah dari para pengendara yang tidak memiliki rasa disiplin dan tata krama. Mereka membuang sampah dari atas kendaraannya antara lain dari atas sepeda motor, dari dalam mobil pribadi/umum yang melaju. Atau juga kelalaian dan kekurang disiplinan mobil angkutan baik truk yang mengangkut bahan bangunan seperti pasir, tanah uruk, tumpahan sisa-sisa semen dari mobil besar molen dan sebagainya. Oleh karena itu, penanganan sampah dan pembelajaran disiplin terhadap warga masyarakat untuk taat mebuang sampah pada tempat dan waktu ditentukan itu baik, tapi juga jangan setengah-setengah dan hanya di tempa tpembuangan sampah pada bak yang disediakan di jalan-jalan utama atau protokol saja, akan tetapi juga diperhatikan dan dijaga sampai ke pelosok-pelosok tersembunyi.Sehingga dengan demikian maka inilah yang penulis maksudkan dengan menangani sampah secara total! Masalah sampah seperti juga dengan masalah-masalah sosiallainnya yang rentan menimbulkan gejolak sosial. Penanganan sampah dan kebersihan Kota kita bukan saja tugas Pemerintah,tapi juga tugas kita warga masyarakat. Marilah kita belajar berdisplin dalam menjaga kebersihan lingkungan. Buanglah sampah pada tempat yang telahdisediakan dan pada waktu yang ditentukan sesuai peraturan yang telah dibuat Pemerintah (Perda). Juga sampah perlu dipilah-pilah antara sampah organik dan unorganik dalam wadah atau tas kresek plastik yang berbeda. Dan nantinya juga dibuang sesuai dengan tempatnya yang mana juga telah disediakan yakni bak warna hijau tempat sampah organik dan bak warna kuning untuk sampah unorganik. Kemudian buanglah padawaktu dan saat yang sudah ditentukan sesuai dengan Perda yang telah diterapkan. Semoga lingkungan kita bersih yang mana juga berdampak pada ketenangan jiwa dan kesehatan raga. Sampah yang dibuang tidak pada tempatnya, tidak pada waktunya, jauh dari perhatian dan penjagaan petugas. Perlu kesadaran kita bersama agar hal-hal yang terlihat pada foto ini tidak akan terjadi dan tidak akan kita lakukan lagi. Kebersihan itu adalah kesehatan, keindahan dan juga menunjukkan akan akhlak dan moral kita. Kebersihan akan meningkatkan citra dan martabat bangsa kita. Sampah yang dibuang disungai seperti dalam foto ini diambil disebauh sungai kecil yang melintasi jalan Hayam Wuruk Denpasar. Membuang sampah ke got membuat dasar got semakin dangkal. Jalan air pun mampet. Lebih parah lagi pada saat hujan akan mengakibatkan banjir.

Jumat, Maret 01, 2013

MANFAATKAN KEKURANGAN SEBAGAI KEKUATAN

Banyak diantara kita selalu mengeluh jika dilahirkan kedunia ini dengan kekurangan. Mislanya miskin, wajah kurang tampan/cantik dsbnya. Kita kurang bisa bersyukur atas keadaan ini dan selalu mengeluh dan tidak puas. Bahkan tidak sedikit yang kemudian melakukan protes kepada Yang Maha Kuasa karena hal ini dianggap tidak adli. Baik terang-terang diucapkan maupun hanya dalam hati. Manusia adalah makhluk hidup paling sempurna yang diciptakan Tuhan. Ia punya akal budi yang mana makhluk hidup lainnya tidak diberikanNYA. Karena mempunyai akal budi maka seharusnya dimanfaatkan dengan baik dan bukannya mengeluh putus asa serta menyalahkan ke “atas”, samping kiri dan kanan atau sekelilingnya. Menurut Tukul Arwana, “Manfaatkan kekuranganmu sebagai kelebihanmu”. Kira-kira seperti itu yang selalu beliau sampaikan dengan nada guyon. Namun sebenarnya hal ini bukanlah guyonan karena beliau telah menerapkannya dan hasilnya……sukses luar biasa! Bahkan dengan kekurangan beliau yaitu secara (maaf) facenya jauh dari yang dapat disebut lelaki tampan, tapi tidak dijadikan keluhan oleh beliau tapi justru kekurangtampanan beliau malah diberdayakan sedemikian rupa sehingga menghasilkan uang berjuta-juta. Kekurangtampanan bahkan dengan bahasa Inggris dan asing lainnya yang beliau ucapkan dengan “belepotan” eh malah menjadi komoditi yang menghasilkan uang jutaan rupiah. Konon beliau adalah salah satu host termahal di Indonesia. Nah, itulah contoh dimana kekurangan tidak selalu berarti suatu “bencana”. Asal manusia menggunakan akal budi yang dimiliki itu untuk dimanfaatkan sedemikian rupa pada akhirnya kekurangan tersebut bukanlah suatu noda atau kecacatan yang mesti disikapi dengan keluh kesah tapi malah dapat mendatangkan keceriaan serta kebahagiaan seperti dalam hal ini dicontohkan kepada Tukul Arwana. Apa yang dilakukan oleh Tukul Arwana bahkan bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi justru berimbas kepada orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung karena beliau seorang muslim maka rejeki yang beliau peroleh selalu sedikit disishkan kepada kaum duafa dan fakir miskin, secara tidak langsung dimana acara beliau “Bukan Empat Mata” sangat menghibur dan membuat ribuan orang tertawa ngakak saking lucunya. Bukankah menghibur dan membuat orang-orang ceria juga bagian dari sedekah? Maksudnya sedekah batin. Ada sebuah contoh lagi untuk perihal memanfaatkan kekurangan sebagai keunggulan. Alkisah, ada tiga orang bersaudara. Ketiganya adalah laki-laki. Diantara ketiga bersaudara ini, yang paling bungsu paling pendiam. Si bungsu ini selalu mengalah dan menerima saja dibandingkan kakak-kakaknya. Umpama saja sebagai contoh, kalau orang tuanya datang dari bepergian jauh, bila membawa oleh-oleh maka kedua kakaknya ini selalu bertengkar dalam memilih oleh-oleh tersebut. Nah setelah kedua kakaknya ini puas memilih oleh-oleh itu sesuai keinginan mereka, barulah sisa-sisa pilhan tersebut untuk si bungsu. Demikian terus-menerus hingga kini mereka sudah pada dewasa bahka sudah berhasil menuntaskan pendidikan kesarjanaannya (S1). Suatu hari ketiga bersaudara ini dipanggil oleh orang tuanya. Ohya, mereka belum diberi nama. Yang pertama namanya Oka, yang kedua Oki, dan yang ketiga Oke (pas ya karena yang ketiga ini orangnya selalu menerima dan mengalah dan kalau dibahasakan ya Oke Oke aja). Rupanya mereka akan diberikan warisan berupa tanah. Luas tanah yang diwarisi ini seluas 40 are. Awalnya kedua ortu (Ayah-Ibu) mereka membaginya seperti ini: Oka diberi 15 are, Oki 13 are dan Oke 12 are. Seperti sudah diduga, maka terjadi perdebatan sengit karena saudara yang pertama dan kedua tidak terima pembagian ini. Sementara si Oke malah tenang-tenang saja sedikitpun tidak memperlihatkan watak yang serakah. Akhirnya pembagiannya menjadi seperti ini: Oka 16 are, Oki 15 are dan Oke 9 are. Yang pertama dan yang kedua dari tiga bersaudara ini cukup puas dengan pembagian ini. Sementara si Oke yang selalu mengalah dan nerima aja juga menerima pembagian seperti ini. Tidak hanya ini saja, kedua kakak-kakaknya memilih sendiri posisi tanahnya. Dimana yang pertama dan kedua mendapat tanah yang datar, akan tetapi si bungsu malah mendapat tanah yang posisinya miring, terjal dan bertebing serta ditepi jurang pula. Anehnya malah si Oke malah ya Oke Oke aja. Eh, sudah paling sedikit malah posisi tanahnya bagi kebanyakan orang malah tidak bagus karena selain posisinya miring, ada jurangnya juga berbukit-bukit alias tidak datar. Namun demikian, meski kondisi serta posisi tanahnya menurut anggapan umum jelek terutama untuk di bangun rumah, tapi tidak demikian halnya dengan si Oke. Dengan kebersihan batinnya yang selalu nerima aja, ia kemudian manfaatkan kekurangan bentuk tanahnya itu untuk dieksploitasi menjadi suatu kelebihan dan keunggulan. Tanah yang bercekung jurang itu ia tidak urug, bahkan ia tidak ubah. Ia buatkan bangunan sedemikian rupa serta alami. Hasilnya sungguh luar biasa. Ia bangun bangunan yang sangat artistik. Misalnya di sebuah bukit yang mirip gunung kecil, dipuncaknya ia buat sebuah bangunan dengan atap sirap dan bangunannya berbahan kayu. Untuk menuju kesana, ia buatkan jembatan kayu yang juga sangat artistik. Demikian juga tebing-tebing yang lain ia isikan dengan bangunan yang artistik sedemikian rupa.tak lupa ia tambahkan taman-taman dengan pohon bunga-bunga serta tanaman hias lainnya. Hasilnya sungguh luar biasa. Bahkan Oki kemudian mengurus izin ke pemerintah dan menjadikan tempatnya ini sebuah villa. Banyaklah kemudian orang-orang kepincut dengan bangunan-bangunan yang artistik dan unik yang nemplok diatas bebukitan, nempel dibibir jurang dengan pemandangan yang unik sekali. Apalagi kemudian ia foto dan sebarkan via internet baik dengan facebook, blog, YouTube dsbnya. Semakin banyaklah yang tahu tentang bangunan unik ini. Villanya pun banyak dikunjungi tamu, baik tamu domestik bahkan tamu manca negara. Tentu saja kedua kakak-kakaknya sangat iri dengan adiknya yang paling bontot ini. Sedangkan si Oke malah semakin kaya saja karena villanya menjadi sangat laris disewa oleh tamu-tamu tersebut. Nah demikianlah beberapa contoh dalam bentuk ilustrasi mengenai MEMANFAATKAN KEKURANGAN MENJADI KEKUATAN. Jadi, tidak selamanya segala kekurangan itu adalah sesuatu yang mesti dikeluhkan. Sebagai manusia dimana kita dibekali akal budi oleh Tuhan Sang Pencipta, sudah semesti akal budi itu digunakan sedemikan rupa. Bukannya mengeluh dan pesimistis sambil melakukan protes bahwa nasibnya tidak adil dsbnya. Tapi justru hal ini seharusnya dijadikan sebagai suatu tantangan untuk bangkit bahkan dijadikan sebagai kekuatan yang menguntungkan.Dua contoh diatas yaitu Mas Tukul Arwana dan Si Oke hanyalah sebuah contoh sebagai ilustrasi bahwa tidak selamanya hal-hal yang dianggap kurang menguntungkan menurut pandangan umum akan menimbulkan sikap pesimistis, malah sebaliknya menjadi suatu kekuatan yang bahkan menguntungkan. Semoga tulisan sederhana ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Jumat, Januari 25, 2013

DEWI SHINTA DAN KETERPIKATANNYA TERHADAP KIJANG EMAS

Siapa pun tidak dapat menyangkal bahwa kisah Ramayana adalah suatu kisah yang memiliki kualitas sastra yang sangat tinggi. Bagi kami umat Hindu, kisah Ramayana bukan saja sekedar karya sastra, namun sudah merambah kedalam ranah batiniah-niskala dan implementasi Ajaran Agama Hindu. Suatu kisah yang berhasil melintasi beberapa situasi zaman sejak dikisahkan oleh Rsi Walmiki berabad-abad yang silam. Banyak yang dapat diambil serta dipetik dari kisah Ramayana ini sebagai pelajaran dan bekal dalam kehidupan juga penuntun hidup kita ini. Dibalik makna kisah Ramayana ini sebenarnyalah bersifat universal, artinya buka hanya untuk orang-orang yang memeluk Agama Hindu saja. Ada yang mengambil kesetiaan Dewi Shinta sebagai sudut pandang. Ada juga perjuangan Sri Rama Sebagai suami yang mencintai istrinya juga memperjuangkan haknya yang dirampas orang lain. Namun ada juga yang mengambil cerita dari sudut pandang manusiawi pada diri Rahwana yang mencintai perempuan cantik jelita meski itu adalah istri orang lain. Bagaimana pun bentuk dan jenis dalam mengekspresikan kisah ini, tetap saja faktanya adalah, betapa kemudian, Ramayana ambil bagian dalam seni dan budaya sastra serta pertunjukkan di dunia, tak juga ketinggalan adalah di Indonesia. Kata Ramayana berasal dari bahasa Sansekerta yakni ‘RÄmãyaáĦa’. Kata ini merupakan gabungan dari dua suku kata yakni kata ‘RÄmã dan ‘AyaáĦa’ yang artinya Perjalanan Rama. Namun ada juga makna lain yakni Rama dan Yana. Rama sendiri dalam kepercayaan Hindu adalah salah satu dari Awatara. Awatara adalah Tuhan yang turun kedunia ini manakala kebatilan sudah merajalela dan sudah tidak mampu lagi diatasi oleh manusia. Sudah berkali-kali Tuhan turun kedunia ini saat kebatilan merajalela. Hal ini seperti termaktub dalam sloka Bhagawad Gita 4.7-8 : “Yadã yadã hi dharmasya glãnir bhavati bhãrata abhyutthãnam adharmasya tadãtmanam srjãmy aham paritrãnãya sãdhunãm vinãśãya ca duskrtãm dharma samsthãpanarthãya sambavãmi yuge yuge”. artinya : Manakala kebenaran merosot dan kejahatan merajalela, pada saat itulah Aku akan turun menjelma ke dunia, wahai keturunan Bharata (Arjuna). Untuk menyelamatkan orang-orang saleh dan membinasakan orang-orang jahat dan menegakkan kembali kebenaran, Aku sendiri telah menjelma dari zaman ke zaman. Awatara yang turun kedunia ini Ada Matsya Awatara, Narasimha Awatara, Paramasurama Awatara, dan setelah Rama adalah Sri Kresna pada zaman Mahabarata. Yana sendiri artinya Tuhan. Jadi, mengisahkan tentang Tuhan yang turun kedunia ini sebagai Awatara untuk memberantas kejahatan mengambil bentuk rupa hewan serta manusia (dalam penggambaran saat Tuhan turun ke dunia dari zaman ke zaman ini, disini nampaknya ada hukum evolusi makhluk hudup. Diawali dalam bentuk Hewan Matsya Awatara berwujud Ikan atau sepenuhnya makhluk yang hidup di air, kemudian berupa kura-kura raksasa (Kurma Awatara) yang dapat hidup di air dan darat. Kemudian pada masa berikutnya semakin sempurna yakni antara hewan dan manusia yakni Narasimha Murti berwujud manusia berkepala singa. Berikutnya semakin sempurna yakni manusia seutuhnya seperti Parasurama, Rama dan Krisna. Penggambaran ini merupakan simbul bahwa bukankah menurut ilmu pengetahuan modern awalnya hewanlah yang muncul di bumi. Seiring dengan perkembangan jagat raya semakin meningkat sehingga dihuni manusia). Baiklah kita kembali pada kisah Ramayana ini. Seperti telah diuraikan diatas, berbagai hal dapat dipetik dan dijadikan pelajaran hidup dalam kisah Ramayana ini. Oleh karena itu saya juga akan mengambil salah satu sudut pandang dalam kisah Ramayana ini dan menginterpretasikannya serta menguraikannya dalam tulisan ini dan juga merupakan suatu implementasi pada kehidupan masa kini. Terutama sekali saat Sri Rama, Dewi Shinta, dan Laksamana berada di dalam hutan. Saat itu khususnya Dewi Shinta sudah menjadi target penculikan dari Rahwana sang Raja Alengka karena ia menganggap Shinta reinkarnasi Dewi Banowati perempuan jelita pujaan hatinya. Rahwana menyuruh Marica patih setianya malih rupa menjadi kijang Emas. Singkat cerita, jadilah sang patih andalan Rahwana ini seekor kijang emas. Melihat seekor Kijang Emas, alangkah terpikatnya hati Dewi Shinta. Beliau ingin memilikinya, maka ia mohon kepada suaminya Sang Rama untuk menangkapnya. Sri Rama pun menyanggupinya demi rasa cintanya kepada sang Istri. Beliau memburu kijang itu masuk kedalam hutan. Namun kijang itu lincah sekali. Nampaknya si Kijang yang merupakan siluman dari Marica yang sengaja menjebak agar Sri Rama semakin menjauh dari Dewi Shinta dan Laksamana. Sementara itu Dewi Shinta semakin resah dan khawatir saja karena sudah lama suaminya tidak juga kembali. Maka beliau memerintahkan adik iparnya yakni Laksamana untuk mencari Sri Rama. “Tapi kak, kan saya disuruh menjaga kakak disini” bantah Laksamana. Tapi saking khawatirnya akan keselamatan sang suami, Shinta memaksa adik iparnya itu agar pergi mencari suaminya. Sempat terjadi perdebatan dan bersitegang antara keduanya. Namun akhirnya Laksamana mengalah. “Baiklah kak, kalau kakak memaksa. Namun sebagai gantinya, saya akan membuat suatu lingkaran untuk memproteksi agar tiada satu pun makhluk hidup yang mampu memasuki areal dimana kakak berada. Dengan catatan, kakak jangan keluar dari lingkaran ini” kata Laksamana mengingatkan. Shinta mengiyakan, Laksamana pun mengucapkan mantra-mantra. Dengan lingkaran yang dimantrai ini jangan harap makhluk apapun tidak akan dapat memasuki lingkaran tersebut tanpa mengetahui “passwordnya”. Setelah itu, Laksmana pun pergi mencari Kakaknya Sri Rama. Laksamana pun ternyata perginya juga lama banget. Shinta mulai resah dan cemas akan keselamatan suami dan iparnya. Pada saat hatinya bimbang itulah datang Rahwana dan ingin melarikan Dewi Shinta. Namun tubuhnya tersengat oleh lapisan sinar laser sehingga ia berteriak kesakitan. Tubuhnya melepuh terluka gosong. Ia pun melarikan diri. Namun ternyata Rahwana tidak mau menyerah. Memang kalau orang sudah tergila-gila terhadap sesuatu maka segala cara dihalalkan. Rahwana pun malih rupa menjadi orang tua dekil yang miskin serta sakit-sakitan dan perlu dikasihani. Hati Dewi Shinta yang berhati mulia serta welas asih itu jadi tersentuh. Memang Rahwana pandai sekali mencari titik lemah Dewi Shinta yakni sentuhlah hatinya yang paling dalam sebagaimana syair lagunya Ary Lasso. Sempat terjadi pertentangan batin dalam lubuk hati Dewi Shinta saat ingin menolong si orang tua dekil miskin itu. Disatu sisi hatinya menolak mengingat pesan Laksamana sebelum pergi meninggalkannya tadi. Namun ia juga tidak dapat menipu hati nuraninya yang welas asih yang suka membantu orang lain. Namun akhirnya, ia lebih memilih menolong orang tua kumuh itu dan menuruti rasa welas asihnya. Rahwana pun tertawa terbahak-bahak menang oleh siasatnya dan Shinta terlambat menyadarinya. Namun nasi sudah menjadi bubur, ia pun berhasil di culik oleh Rahwana dan dilarikan. Nah apa makna dari sesi ini dalam kisah Ramayana ini? Shinta adalah lambang kecantikan sempurna seorang wanita. Sebagai wanita yang sangat cantik maka banyak cowok ingin mengincarnya. Baik untuk dijadikan istri maupun sekedar untuk menyalurkan gairah berahinya yang tak terbendung. Dan hal-hal seperti ini masih saja terjadi sepanjang zaman. Mengapa? Ya selain adanya manusia-manusia yang beriman dan hidup lurus sesuai ajaran Agamanya, juga tidak sedikit manusia yang beriman lemah menuruti segala nafsu keinginannya. Pengertian iman lemah dalam konteks ini bukan saja tentang akan ketertarikan terhadap wanita cantik oleh dorongan libidonya, tapi juga harta benda duniawi. Bukankah harta benda dunia sama glamournya dengan wanita cantik? Dan banyak yang menginginkannya? Ya kalau caranya halal dan benar untuk medapatkannya, tapi tidak sedikit yang memperolehnya dengan cara-cara yang haram dan tidak sesuai dengan ajaran Agama. Maka terjadilah pelanggar-pelanggaran seperti korupsi, pemerkosaan dsbnya. Itu dari sisi lelaki yang tidak beriman. Dari sisi wanita, hati-hati menjadi wanita cantik karena Anda diincar para cowok. Ya kalau yang baik dan bermoral seperti Sri Rama maka patut disyukuri, tapi banyak juga yang seperti Rahwana. Seperti dikisahkan diatas, para wanita cantik tidak sedikit yang terpikat oleh glamournya Kijang Emas. Kijang Emas juga dapat disimbulkan sebagai harta benda duniawi. Kalau zamannya Ramayana Kijang Emas, maka zaman sekarang mobil Kijang Super dan mobil mewah kali ya he he. Kegandrungan akan Kijang Emas (harta Benda Duniawi) yang tak tertahankan membuat seorang wanita cantik menjadi gelap mata ingin memilikinya. Maka tak jarang si suami dirayu untuk mendapatkannya. Disinilah, tidak sedikit suami yang saking mencintai istrinya akan berusaha mencari dan memburunya dengan segala upaya. Bisa saja dalam perburuan Kijang Emas alias harta benda ini suami sampai tersesat jauh hingga memasuki hutan larangan yakni sampai melanggar hukum seperti misalnya…korupsi. Juga kegandrungan akan harta benda duniawi akan membuat seorang wanita cantik akan keluar dari lingkaran Tata Susila keagamaan sehingga terjebak oleh nafsu bejat seorang cowok tidak bermoral. Cowok tidak bermoral ini mengetahui akan kelemahan si wanita cantik ini kemudian memanfaatkan sisi ini untuk merayu dan mengiming-imingi sang perempuan cantik dengan berbagai suguhan harta benda sehingga mabuk kepayanglah ia. Kalau sudah mabuk dan lupa daratan, apapun keinginan si cowok bejat seperti dilukiskan dalam wataknya Rahwana ini akan diikuti oleh si perempuan cantik. Nah ini yang saya tangkap dalam sisi kecil pada kisah Ramayana ini. Semoga dapat dijadikan pelajaran bagi kaum hawa agar lebih hati-hati, eling lan waspada dalam melangkahkan kakinya pada kehidupan yang kian rumit dan keras ini. Coba aja, Dewi Shinta yang disimbulkan sebagai wanita sempurna baik fisik maupun moral sampai terpikat oleh eloknya Kijang Emas serta akal bulus cowok bangoran seperi Rahwana yang menghalalkan segala cara untuk memikatnya. Manusia hidup di dunia ini memang membutuhkan harta benda, namun kalau terlalu berlebihan sampai melupakan harga diri untuk mendapatkannya, jelas suatu hal yang tidak baik. Apa saja kalau terlalu berlebih-lebihan akan berakibat tidak baik. Oleh karena itu, perlu mawas diri dan mampu mengendalikan hawa nafsu keduniawiannya sehingga tidak gampang diperbudak. Saudara-saudara yang saya muliakan, tulisan ini hanyalah tafsiran saya aja dari potongan kisah Ramayana saat Dewi Shinta terpikat oleh Kijang Emas. Kalau ada manfaatnya silahkan dipakai, kalau tidak ya anggap saja sekedar tulisan iseng-iseng.

Sabtu, September 15, 2012

KELIRUMOLOGISME DAN KEKELIRUAN YANG BERDAMPAK POSITIF

Sufiks -isme berasal dari Yunani -ismos, Latin -ismus, Perancis Kuna -isme, dan Inggris -ism. Akhiran ini menandakan suatu faham atau ajaran atau kepercayaan. Beberapa agama yang bersumber kepada kepercayaan tertentu memiliki sufiks –isme (Wikipedia Bahasa Indonesia). Misalnya Buddhisme mereka yang beragama Buda, Taoisme dstnya. Ada juga Atheisme yaitu orang yang tidak percaya dengan keberadaan Tuhan dengan segala peran dalam kehidupan manusia dan alam semesta ini. Kelirumologisme? Apa pas ya disebut demikian kalau saya menulis tentang kelirumologi? Ah berlebihan ya? Tapi karena ini cenderung guyon yang mengarah ke ranah humor biarlah disebut kelirumologisme saja. (He he semoga tidak ada yang mengkritisi apalagi sampai didemontrasi bahkan disusupi provokator sehingga menimbulkan kerusuhan dimana-mana dengan mengorbankan harta bahkan….amit-amit nyawa!) Last but not least tulisan ini kan temanya kelirumologi, jadi kalau pun keliru eh malah kebetulan lagi. Kita lanjut, sufiks isme pada istilah kelirumologi disini jangan dipikirkan terlalu serius bahwa saya ini berpahaman keliru ha ha ha (biar tampang saya saja yang keliru). Ah sudahlah jangan serius-seriusan ah. Kita beringan-ringan saja. Seperti sudah saya tulis dalam catatan saya sebelumnya tentang Kelirumologi bahwa yang dimaksud Kelirumologi adalah istilah humoris untuk merujuk kepada beberapa kekeliruan logika dalam pembentukan frasa dan kata yang sudah terlalu sering dipakai pengguna Bahasa Indonesia sehingga dianggap benar. Hal ini berhubungan langsung dengan keliru. Dalam kenyataannya sehari-hari bukan sekedar istilah saja tapi dalam prilaku juga terjadi kekeliruan yang karena terbiasa dilakukan pada akhirnya mentradisi menjadi sesuatu prilaku yang dianggap “benar”. Konon pada zaman dahulu kala ada suatu paham yang beranggapan bahwa bumi ini datar. Pada sudut-sudut tertentu ada tiang-tiang yang menyangga lagit ini. Pada zaman itu kalau ada manusia yang beranggapan lain dari itu bisa dihukum berat bahkan dihukum mati! Namun seiring dengan meningkatnya pengetahuan manusia yang berimbas pada kemajuan teknologi akhirnya manusia mengetahui dan dapat membuktikan bahwa ternyata bumi ini bulat ! Beberapa tahun yang silam saya mempunya teman kerja sekantor (kini beliau sudah pindah kerja ke kantor lain di kabupaten lain dan kabar terakhir beliau sudah pensiun). Pada suatu hari beliau curhat ke saya, “Pak Agung, kemarin saya masuk-keluar toko sepanjang Jalan Sulawesi. Tapi, satu pun dari toko-toko itu tidak ada yang menjual kain blue jean putih! Yang terjadi malah penjaga tokonya bengong kayak kebo”. Saya tidak dapat menahan rasa geli saya yang mengaduk-aduk perut ini. Bagaimana tidak? Beliau menyampaikan masalahnya dengan begitu lugu apa adanya. “Ialah Pak Wayan, mana ada toko yang menjual blue jean putih? Sudah Blue (biru) eh pakai putih lagi. Temitis (reinkarnasi) lagi 100 kali pun Pak tidak akan ketemu! Tentu saja pedagangnya bengong seperti kebo. Rasanya kebo juga ga ngerti!” kata saya. Setelah saya jelaskan beliau akhirnya mengerti dan malah ikut tertawa geli! Beberapa penulis yang menulis tentang kelirumologi mengatakan bahwa kekeliruan manusia dalam berprilaku dan bertindak tidak selalu berdampak negatif. Bahkan beberapa diantaranya malah menguntungkan serta menjadi suatu rahmat! Disuatu Desa hiduplah seorang pemuda. Pemuda ini tidak perlu saya sebutkan namanya. Ia sudah bertahun-tahun menderita suatu penyakit. Berbagai upaya ia dan keluarganya lakukan untuk mengubati penyakit ini agar sembuh. Mulai dari dokter dari berbagai rumah sakit baik dalam negeri bahkan luar negeri. Namun tidak juga sembuh-sembuh. Bahkan kemudian juga berobat ke berbagai tabib, dukun, paranormal dan “orang pintar” lainnya, namun juga tidak sembuh-sembuh. Ia sudah putus asa, bahkan saking putus asanya suatu hari pada puncak perasaan prustasinya, ia meminum urinenya (urine=air kencing). Diluar dugaan ternyata beberapa hari kemudian penyakitnya pun sembuh total! Kisah nyata dari suatu tindakan dan prilaku yang dianggap keliru oleh sebagian masyarakat terutama dari kalangan intelektual dan yang berpikiran mengutamakan logika adalah kasus “Batu Sakti” nya Ponari asal Megaluh Jombang Jawa Timur ini. “Dukun Cilik” yang fenomenal dan menggemparkan Indonesia beberapa tahun silam itu dari sudut pandang tertentu dapat juga dimasukkan ke ranah kelirumologi. Suatu hari Ponori bermain hujan-hujanan di halaman terbuka. Tiba-tiba petir menyambar ke arahnya. Ponori merasakan kepalanya seperti terhantam benda keras berupa batu sebesar kepalan tangan. Disusul kemudian ia merasakan sekujur tubuhnya dijalari rasa panas. Sesaat kemudia ia melihat sebuah batu sebesar kepalan tangan berwarna merah. Batu itu ia pungut dan dibawanya ke rumah. Mbok Legi nenek Ponari membuang batu tersebut ke semak-semak jauh dari rumahnya. Tapi aneh, ketika si nenek kembali ke rumahnya ternyata batu tersebut sudah kembali ditempatnya semula. Suatu hari salah seorang tetangga Ponari menderita sakit panas disertai muntah-muntah. Ponari mendatangi tetangganya itu sambil membawa “Batu Sakti” nya. Ia celupkan batu itu kedalam gelas berisi air lalu air itu ia berikan kepada si sakit. Aneh bin ajaib, si tetangga pun segera sembuh setelah meminum air tsb. Kesembuhan tetangganya oleh batunya Ponari itu dengan cepat menyebar dari mulut ke mulut sampai jauh ke daerah lain. Apalagi berbagai media massa memberitakan kejadian ini, dalam waktu singkat Ponari pun menjadi terkenal keantero tanah air bahkan manca Negara sebagai Dukun Cilik. Banyaklah pasien yang sudah menderita penyakit tahunan dan berobat kemana-mana namun belum juga sembuh kemudian datang ke Ponari. Jadi, tidak hanya mereka yang berpendidikan dan berwawasan rendah saja yang menguinjungi Ponari, bahkan orang-orang yang bangga dengan logika dan akal sehatnya pun pada berduyun-duyun mendatangi Ponari agar disembuhkan. Terlepas dari sisi logika karena tulisan ini tidak mengupas logika dukun cilik Ponari dengan batu saktinya itu, tapi menyangkut dari sudut pandang beberapa orang bahwa prilaku keliru para pasien namun (katanya) berhasil sembuh berkat minum obat air dari “batu sakti” milik Ponari. Kalau pun itu prilaku keliru akibat sugesti, namun betapapun juga kekeliruan ini membawa berkah dengan kesembuhan dari suatu penyakit yang diderita bertahun-tahun. Ponari pun mendadak kaya raya. Bahkan para tetangganya manjadi “pebisnis” dadakan. Ada yang menjual berbagai makanan terutama air mineral. Membuka jasa parkir dsbnya. Wah banyak yang diuntungkan dari suatu tindakan yang dianggap keliru ini. Nah, bukankah ini yang dapat disibut dengan kekeliruan yang berdampak positif? Ada yang penyakitnya sembuh, ada yang kaya mendadak (Ponari dan keluarga) dan kecipratan rejeki (para tetangganya Ponari yang berjualan dan jadi tukang parkir dsbnya) Why not? Ah membahas kekeliruan atau sesuatu yang dianggap keliru dalam hidup ini tentu tak habis-habisnya bukan?

Rabu, September 12, 2012

KELIRUMOLOGI

Istilah kelirumologi dicetuskan oleh Jaya Suprana. Jaya Suprana adalah seorang yang multi talenta. Sebenarnya tanpa saya sadari, saya sudah menikmati kreativitas beliau sejak saya SD di tahun 70 an. Namun saya tidak tahu kalau beliaulah dibalik semua kreativitas yang saya nikmati itu. Waktu itu zamannya tentu belum secanggih sekarang yang mana dunia komunikasi dan informasinya sangat dahsyat! Pada masa itu hiburan sangat sedikit dan bentuknya terbatas. Denpasar watu itu masih seperti sebuah kota kecamatan. Makanya bila ada suatu hiburan pastilah bakal ramai disaksikan masyarakat. Yang lagi ngetop pada masa itu dari hiburan pertunjukan tradisional dapat dihitung dengan jari. Misalnya Drama Gong Abianbase Gianyar, Drama Gong Kacang Dawa dengan lakon spektakulernya “Sukrasena”, Drama Gong Puspa Anom Banyuning Singaraja yang terkenal dengan "Sam Pek Eng Tay" nya. Drama-drama Gong itu sering mentas di Wantilan Pemedilan Denpasar (sekarang pasar Pemedilan). Ada juga wayang kulit Ida bagus Buduk yang sering mentas dari Banjar ke Banjar sebagai pelengkap upacara Panca Yadnya seperti otonan, odalan dsbnya. Ada juga beberapa gedung bioskop di pusat kota Denpasar seperti Indra dan Wisnu di Jalan Gajahmada, Jaya di Jalan Kartini (Wisata dan Kumbasari belum ada). Bioskop-bioskop itu khusus memutar film. Film yang terkenal produksi Hollywood (Amerika), Bollywood (India), Tankywood (Indonesia), dan Mandarin/Hongkong. Itu yang mendominasi pertunjukan bioskop kala itu. Namun khusus untuk pertunjukan film pada masa itu termasuk konsumsi kalangan menengah keatas (kalaupun saya dapat menonton itu pun karena nyerobot film untuk keluarga ABRI yang dilaksanakan tiap hari Jumat). Ya hanya itu sajalah hiburan yang ada. Di kalangan masyarakat kelas bawah seperti saya ini ya paling mampu menonton pertujukan gratis semisal Wayang Kulit atau belakangan muncul film misbar alias kalau gerimis atau hujan pastilah bubar! Yang notabene semuanya gratis! Film misbar biasanya di putar di lapangan terbuka yang saat itu masih ada seperti lapangan (khususnya di Desa Saya Pemecutan Kaja Denpasar Utara misalnya Lapangan SD Percobaan Tulang Ampiang Sekarang SMP 5 Denpasar?), Lapangan Paldam (sekarang tempat pameran musiman), yang lebih jauh seperti lapangan Lila Buana, Lapangan Pekambingan (sekarang sudah menjadi komplek pertokoan). Belakangan baik Gedung Lila Buana maupun Wantilan Pemedilan juga dipakai pemutaran dan pertunjukan film. Hanya saja tentu saja gedung kelas 3 (Film-film baru biasanya di putar di gedung-gedung utama seperti Wisata Theater, Denpasar Theater dan Kumbasari Theater. Gedung-gedung kelas 2 nya Indra, Wisnu dan Jaya Theater) film-film yang sudah lama dan kedaluarsa baru diputar di lapangan Misbar. Sedangkan untuk hiburan rumahan pada saat itu adanya hanya radio saja. Radio yang memutar lagu-lagu yang saat kini dikenal dengan lagu-lagu nostalgia dan legend. Misalnya dari dalam negeri seperti Koes Plus, Panbers, The Mercy, The God Bless, The Llyod dsbnya. Dari luar negeri The Beatles, The Rolling Stones, Led Zepplin, Deep Purple, Abba, dsbnya. Sedangkan Televisi muncul di Bali sekitar tahun 1975 an. Keluarga saya sendiri baru punya TV tahun 1978 tepat saat perhelatan Piala Dunia 1978 di Argentina dimana saat itu tuan rumah menjadi Juara Dunia dengan bintangnya yang terkenal Mario Kempes. Kalau bacaan yang lagi digandrungi saat itu adalah komik seperti Kho Ping Hoo, komik bergambar karya Ganesh TH dengan Si Buta Dari Gua Hantunya, Jan Mintaraga, Teguh Santosa, Absony dll. Majalah yang ngetop seperti Aktuil dsbnya. Game Elektronik dan Game Online? Kebayang saja tidak. Kebanyakan kita mainnya di alam seperti main layangan, main kelereng, main dan mancing di sungai, sepak bola dan permainan tradisional lainnya. Kembali ke tema kita tentang kelirumologi dan pencetusnya yakni Bapak Jaya Suprana. Ya saya telah paparkan sedikit kondisi Denpasar Kota Kelahiran saya dengan situasi dan kondisinya era 70 an. Mengapa saya paparkan Denpasar era itu dan kaitannya dengan Bapak Jaya Suprana? Pada saat itu saat dimana kami sangat minim hiburan, beliau dengan perusahaan Jamu Cap Jago Semarangnya sudah merambah sampai ke pelosok-pelosok Desa antero Indonesia termasuk Bali tentunya (Waw, saya juga keliru nulis nih. Yang benar Djamu Tjap Djago,tapi karena tulisan ini tentang kelirumologi ya biar aja nulisnya keliru. Biar mantap! ). Ini bukan masalah Jamu Jagonya yang sangat terkenal waktu itu. Tapi saya menikmati kreativitas beliau waktu itu tanpa saya sadari. Saya tidak sadar karena waktu saya SD saat itu saya tidak tahu kalau Jamu jago serta segala inovasi dan kreasi beliau via Jamu Jago tidak saya ketahui. Yang saya tahu ya menikmati kreasi beliau itu. Dengan mobil box yang bersosok unik dengan hiasan dekorasi kotak-kotak dengan berbagai warna-warni. Bila mobil ini datang dan parkir di Pusat Desa (biasanya diperempatan jalan), maka masyarakat berduyun-duyun mendatanginya. Ini bukan mereka memburu produk jamunya (maaf Pak Jaya Suprana) tapi menunggu hiburan yang akan dipertunjukkan sebagai selingan dan pemancing datangnya konsumen. Setelah dengan pengeras suara menjajakan produknya dan (mungkin) beberapa saset jamunya laku, maka akan dilanjutkan serta diselingi oleh pertunjukkan hiburan yang notabene adalah kreasinya Bapak Jaya Suprana sang pemilik perusahan Jamu Jago. Yang paling saya suka adalah beberapa orang kate yang menari-nari mengikuti irama musik. Mereka menari-nari diatas mobil bok dengan lucunya. Sekali lagi tanpa saya sadari, saya sudah menikmati kreasi beliau semenjak saya SD (saya lupa entah kelas berapa saya saat itu. Rasanya sekitar kelas 4 lah). Belakangan setelah saya duduk dibangku sekolah menengah atas di era 80 an, kembali saya menikmati kreativitas beliau. Hanya saja kali ini dalam bentuk tulisan di koran yang disebut kolom. Awalnya saya kira ini hanya tulisan bersifat guyonan saja. Tapi logika saya jalan, masa sih kalau tulisan guyonan harian Kompas yang terkenal itu mau memuatnya? Namun setelah saya baca, saya malah jadi ketagihan. Ya karena tulisan ini ringan, gampang dicernak otak saya yang tidak cerdas dan berkesan main-main diselipi banyak selorohan. Tapi setelah saya baca ternyata isinya bukanlah hal yang boleh dibilang sepele. Nampaknya sepele tapi sebenarnya serius dan sangat menyentil kebiasaan dalam kehidupan kita dalam bermasyarakat. Beliau menyebutnya kelirumologi. Nah dari istilahnya saja sepertinya main-main dan rada guyon. Mana ada kelirumologi? Apa itu kelirumolog?. Sudah keliru pakai logi lagi. Yang umum yang pernah saya dengar dan baca ya misalnya psycologi, anthropologi, geologi dllnya. Kelirumologi? He he kok seperti guyonan? Apalagi setelah belakangan saya lebih mengetahui mengenai sosok atau profil beliau lewat media massa, saya semakin geli saja. Image saya tentang beliau adalah sosok yang sangat lucu. Ya lucu pisiknya, lucu ide-idenya, lucu krativitas dan inovasinya. Misalnya beliau adalah seorang kartunis yang tidak jauh-jauh amat dengan dunia perlucuan. Beliau seorang pengusaha, pelukis (pelukis kartun), humoris, pianis, penulis, pernah juga saya saksikan beliau sebagai presenter atau host sebuah acara talk show di salah satu stasiun televisi nasional, pencetus Musium Record Indonesia (MURI), mengadakan berbagai perlombaan yang unik-unik dan aneh serta menggelikan seperti Lomba Diam, Lomba bersiul, dan entah apalagi karena banyaknya kegiatan beliau yang unik-unik seunik sosok penampilan dan mimik beliau (Ah kalau saja ada orang yang mengadakan lomba....maaf kentut, saya ingin ikut). Beliau banyak mengorbitkan orang-orang yang bentuk fisiknya aneh. Misalnya orang dengan tubuh tertinggi di Indonesia, orang bertubuh terkecil di Indonesia. Bahkan orang-orang bertubuh pendek sudah sejak lama beliau lakukan sewaktu saya masih SD dan seperti saya ceritakan dalam awal tulisan ini. Yaitu sekelompok orang kate yang dijadikan penghibur dalam mobil box Jamu Jagonya (belakangan saya pernah dengar selentingan kalau beliau ini masih bersaudara dengan pemilik Jogger Pabrik kata-kata di Kuta. Rasanya cocok juga karena bukankah boss Jogger ini juga punya produk dengan ide yang aneh-aneh, unik, juga lucu? Coba aja pabrik kata-kata?). Meski beliau tidak kenal saya dan tidak tahu siapa saya (padahal beliau dan saya sama-sama lahir di Denpasar). Namun bila saya kaitkan dengan beliau, saya sangat terinspirasi dengan beliau. Dan ini semenjak kecil. Belakangan juga saya mendapat motivasi dari beliau saat saya membaca disebuah media kalau tulisan-tulisan beliau yang dulunya berbentuk kolom yang dimuat di Koran Kompas diterbitkan dalam bentuk buku bertajuk KALEIDOSKOPI KELIRUMOLOGI. Saya pun menikmati tulisan-tulisan beliau tentang kelirumologi itu. Kemudian dalam salah satu seri buku kelirumologinya beliau mengundang penulis tamu untuk ikut mengisi dan mengirimkan sebuah tulisan. Tulisan yang lolos seleksi akan dimuat dalam buku beliau. Dan saya pun mencoba menulis kemudian mengirimkan kepada beliau. Saya lupa tahunnya, sekitar tahun 1999 lah. Dan....ternyata tulisan saya dimuat! Disusul kemudian sebulannya saya diberikan sertifikat dengan tanda tangan beliau (sayang sertifikat tersebut kini telah hilang!). Inilah dia, saya boleh dibilang “berjodoh” dengan beliau. Betapa tidak? Semenjak saya menyaksikan hasil kreasi beliau sewaktu saya SD di era 70 an, kemudian era 80 an saat saya SMA sangat menggemari tulisan kolom beliau di harian Kompas dan juga beberapa kartun beliau. Saya pun sebenarnya seorang kartunis dan beberapa kali kartun saya dimuat di harian lokal di Denpasar ini. Hanya saja saya tidak meneruskan bakat dan hobby saya membuat kartun ini. Tentang kelirumologi. Terus terang saya sudah lupa apa sih deskripsi atau difinisi kelirumologi itu? Maklumlah sudah puluhan tahun yang silam saya membacanya. Lagian saya tidak sempat mengklipingnya serta tidak mengoleksi buku Kaleidoskopi Kelirumologinya. Namun untunglah saya ini kini hidup di zaman IT yang serba canggih dimana sekali klik sudah dapat informasi yang kita inginkan. Kebetulan laptop yang saya pakai mengetik tulisan ini juga berhubungan dengan Internet. Jadi, lewat Mbah Google saya telusuri saja tentang kelirumologinya Bapak Jaya Suprana. Nah ini diantarnya saya peroleh dari Wikipedia berbahasa Indonesia mengenai apakah itu Kelirumologi? Sebelumnya terima kasih kepada web Wikipedia Indonesia. Kelirumologi adalah istilah humoris untuk merujuk kepada beberapa kekeliruan logika dalam pembentukan frasa dan kata yang sudah terlalu sering dipakai pengguna Bahasa Indonesia sehingga dianggap benar. Hal ini berhubungan langsung dengan keliru. Jika diurai, 'kelirumologi' berasal dari kata 'keliru' yang artinya 'salah', dan 'logi (logos)' yang artinya 'ilmu'. Dua kata tersebut jika hendak digabungkan, maka seharusnya berbunyi kelirulogi, bukan 'kelirumologi'. Akan tetapi Jaya Suprana sengaja menggunakan kata yang 'salah' tersebut untuk sekadar menjelaskan, bahwa istilah baru yang diciptakannya memang untuk mengajak kita semua menjadi peka terhadap kesalahkaprahan. Masih berkaitan dengan uraian di Wikipedia, Beberapa pihak sangat diuntungkan oleh kelirumologi. Terutama produk-produk yang popularitasnya meningkat setelah kekeliruan ini terjadi dan masyarakat menjadikannya sebagai identitas suatu produk atau jasa dibanding mengingatnya sebagai merk. Misalnya produk Aqua atau Pentium. Secara positif, kelirumologi penyebutan merk adalah keberhasilan upaya marketing yang salah satu tujuannya memengaruhi perilaku masyarakat terhadap kesenangan suatu produk. Dan yang ini mengenai pencetusnya, Kelirumologi pertama dicetuskan oleh Jaya Suprana, pengusaha jamu asal Kota Semarang yang juga pendiri Museum Rekor Indonesia. Sebagai pemikir, Jaya kerapkali memperdalam berbagai literatur baik dari buku maupun media lainnya untuk mempelajari kekeliruan yang terlanjur dianggap benar di tengah masyarakat. Dari hasil olah pikirnya itu, Jaya menerbitkan buku berjudul Kaleidoskopi Kelirumologi. Buku tersebut mengajak pembaca agar lebih kritis terhadap semua hal yang dianggap benar padahal sebenarnya salah. Jadi, kelirumologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kekeliruan menyebutkan suatu kata atau kalimat yang sudah dianggap benar di tengah masyarakat. Karena gagasannya, tokoh dengan segudang julukan ini (antara lain: pianis, kartunis, seminaris, humorolog, jamulog, kelirumolog), Jaya Suprana dikenal sebagai Bapak Kelirumologi. Dulu, secara berkala, Jaya Suprana juga menuliskan artikel-artikel tentang kelirumologi di majalah bulanan Indonesia Intisari, setiap artikel membahas sebuah istilah yang salah kaprah. Nah demikianlah tentang kelirumologi serta pencetusnya. Meski terkesan ide serta tema tulisan beliau itu guyon, namun kalau direnungkan bukan lagi sekedar guyon nyerempet humor tapi sebenarnya menyentil cara pikir dan berprilaku kita dalam masyarakat menyikapi dan berkaitan dengan tatanan kehidupan yang berlaku di masyarakat, bangsa dan negara. Salah satu contohnya dalam kehidupan keseharian, saya ambil saja perilaku kita berlalu lintas di jalan raya. Misalnya saat kita melewati sebuah Traffic Light (Lampu pengatur lalu lintas). Warna yang paling umum digunakan untuk lampu lalu lintas adalah merah, kuning, dan hijau. Merah menandakan berhenti atau sebuah tanda bahaya, kuning menandakan hati-hati, dan hijau menandakan boleh memulai berjalan dengan hati-hati. Namun dalam prakteknya kenyataannya tidaklah demikian. Saat saya melaju melewati traffic light ini, sebenarnya saya sadar dan masih ingat dengan peraturannya dan ingin taat dengan peraturan tentang lampu rambu lalulintas ini. Misalnya lampu kuning mengisyaratkan hati-hati dan mengurangi kecepatan untuk siap-siap berhenti karena warna berikutnya adalah menyalanya lampu merah tanda berheti. Tapi dalam kenyataannya justru lampu kuning malah kebanyakan para pengguna lalu lintas justru menancapkan gas kendaraannya kencang-kencang. Ya termasuk saya juga. Soalnya kalau saya pelan-pelan, wah malah saya bisa “disikat” dari belakang oleh pengendara lainnya. Ya terpaksalah ikut tancap gas cari selamat! Nah lama-kelamaan akan terjadi kekeliruan pemahaman bahwa LAMPU KUNING PADA TRAFFIC LIGHT ADALAH UNTUK TANCAP GAS kendaraannya. Nah inilah yang dimaksud keliru dalam berprilaku atau berlalu lintas dalam hal ini. Hal-hal yang seperti inilah yang dibahas dalam kelirumologi dalam bentuk tulisan selama dan sementara ini. Kasus Traffic Light hanyalah salah satu contoh kecil saja. Kekeliruan yang sering dilakukan yang pada akhirnya kekeliruan ini mentradisi kemudian dianggap benar! Masih banyak lagi prilaku keliru dari kita keseharian yang tentunya tidak akan habis-habisnya kalau dibahas dalam tulisan atau pun seminar dsbnya. Sekarang kita sedikit paham mengenai apakah KELIRUMOLOGI itu.

Jumat, Agustus 24, 2012

KRAMA BALI SENGANCAN INOVATIF INDIK MEADOLAN SARANA UPAKARA AGAMA HINDU

Catatan: NIKI TULISAN KANGIN-KAUH UTAWI "RAOS KUTANG-KUTANG" Mangkin krama Bali sampun sengancan kreatif dan inovatif dalam hal indik meadolan. Mangkin irage sekancan gampang metumbasan bahan-bahan anggen upakara Agama Hindu. Yening dumun dua utawi tigang warsa sane kelintang irage sade sukeh lan rumit ngerereh bahan-bahan anggen kelengakapan upakare puniki. Yening mangkin rasane jeg serba gampang karena inovatif krame Baline meadolan. Ipun semakin terasah naluri bisnisnya tahu akan kebutuhan krama Bali menyangkut bahan-bahan upekara puniki. Sekadi hukum pasare ada permintaan ada penawaran. Bahkan akeh sampun sane ngelaksanayang “jemput bola” pelaksana ipun indik meadolan puniki. Sebenernya titiang dumun sekitar dua puluhan tahun yang lalu sampun punya pemikiran sekadi sane sampun kelaksanayang oleh pedagang krama Bali puniki. Nenten je titiang medewek ririh utawi sok pintar. Nanging punapi kaden sane ngeranayang lamunan titiang aneh-aneh kemanten. Waktu nike tiang berpikir mengapa ya orang-orang Bali cq para pedagang dalam soal cara berdagang dan menawarkan barang dagangannya tidak dan kurang proaktif mendatangi para pembelinya? Tapi mereka malas-malasan serta pasif dan hanya menunggu datangnya pembeli? Mengapa ya umpamanya pada saat-saat seperti menjelang Galungan dan Kuningan serta hari-hari suci yang sarat dengan kegiatan ritual justru para pedagang ini tidak mengejar-ngejar pembelinya sampai ke rumah-rumah misalnya. Misalnya datang saja ke sebuah kompleks perumahan dimana dalam kompleks perumahan ini masyarakatnya identik dengan orang-orang Bali yang sibuk dan tidak punya waktu untuk membuat kelengkapan sarana upakara agama Hindu karena bekerja di Hotel, perusahaan swasta yang mana waktu mereka untuk menyiapkan sarana upakara ritual Agama Hindu Bali sangat terbatas? Misalnya menawarkan Penjor yang jadi maupun setengah jadi. Bila perlu mungkin disertai dengan servis ataupun jasa memasang penjor. Demikian juga menawarkan kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti menjual "canang", "segehan" dll. Sebab dimana ada hal-hal yang bersifat kepepet dan mendesak disanalah peluag bisnis itu timbul dan asumsinya pastilah laku dan laris. Nah "Krama Bali" mestinya peka dan tajam penciumannya soal ini. Itu pemikiran tiang beberapa puluh tahun yang lalu. Tapi kini semua itu sudah jadi kenyataan. Tiang sangat gembira sekali dan setuju banget. Tentu dalam segala hal akan timbul pro dan kontra. Ada yang berpikiran bahwa apa yang tiang pikirkan itu adalah bentuk suatu kemalasan dsbnya. Namun yang setuju tentu juga punya alasan tersendiri misalnya praktis dsbnya. Namun apapun itu hanyalah soal berbeda cara berpikir. Dan pada masa kini perbedaan pola pikir itu adalah bagian dari demokrasi bukan? Terlepas dari masalah pro dan kontra namun ini sejalan dengan waktu akhirnya krama kita juga akan melakukannya. Bahkan krama yang dulu dan awalnya paling vocalpun pada akhirnya bahkan larut dan ikut juga melakukannya. Sekali lagi ini hanyalah soal waktu apalagi kata orang-orang pintar bahwa perubahan itu adalah kekal. Contoh gampang seperti yang pernah tiang alami. Sekitar dua puluh tahun yang lalu pada saat tiang "ngayah" di tempat salah satu keluarga tiang yang meninggal dunia. Pada saat itu tiang "ngayah" dan membantu ikut menempel dan menghias "wadah"Saat itu tiang keceplosan bilang pada mindon tiang sane sareng ajak "ngayah" dengan nada guyon, “Bagaimana ya kalau wadah ini dikasi roda di tiap sudutnya lalu kita dorong kan praktis dan tidak memberatkan warga banjar yang memanggulnya?” demikian tiang guyon. Tiba-tiba salah satu “nak lingsir” yang ikut mengarsiteki "wadah" itu mendamprat tiang dengan emosi, “Sekalian aja kamu pakai ambulan ke keburan kan lebih praktis !” katanya dengan logat yang tajam mengecam tiang. Sebagai generasi muda, tentu tiang ga berani nanggapi dan rasanya “tulah” dan murtad melakukannya. Tiang pun diam saja. Tapi kini, sekitar dua dasa warsa ucapan tiang itu, beberapa krama Bali terutama sekali di Kota Denpasar sudah tidak tabu lagi kalau ke setra “wadahnya” menggunakan roda dan di dorong oleh "krama banjarnya"! Kembali ke konteks inovasi Krama Bali dalam soal meadolan sarana “upakara” Agama Hindu di Bali. Ke depan rasanya tentu perlu lebih ditingkatkan lagi. Karena disatu sisi bagi Krama Bali yang sibuk dikarenakan tugas dan profesinya semisal bekerja di Hotel, perusahaan swasta dsbya dimana sangatlah menyita waktu dan ketat dengan izin atau liburan sehingga tentu juga sangat berpengaruh dengan aktivitasnya dalam membuat dan menyiapkan bahan-bahan atau sarana upakara ini sehingga salah satu alternatifnya tentu saja membeli. Bagi mereka ini, tidak usalah tabu untuk membeli. Apakah membeli "sanggah cucuk", bahan "penjor", "klangsah" dsbnya. Mengapa kita mesti memaksa-maksain diri untuk “mengulat klakat” misalnya padahal kita ga ahli soal yang begituan? Biar saja Krama Bali kita yang dapat waktu dan ahli membuat itu kemudian dengan keahliannya itu lalu kita nilai dengan uang? Seperti kata seorang pejabat tinggi, "Serahkan saja pada ahlinya !". Dengan demikian maka roda perekonomian Krama Bali akan hidup dan berputar! yang ahli dalam soal membuat kelengkapan “upakara Panca Yadnya” ini menjual hasil buah keahliannya itu, sedangkan para pekerja Hotel dan swasta dsbnya tsb dengan penghasilannya dari profesinya sebagai karyawan kemudian membeli buah tangan dari krama Bali yang trampil dengan keahlian membuat bahan atau kelengkapan “Upakara Panca Yadnya” ini. Ah tulisan tiang yang mutunya amburadul ini hanyalah contoh kecil saja dari beberapa persoalan yang sering menimbulkan pro kontra di masyarakat terutama di pedesaan dimana sifat gotong royong dan kekerabatan masih kental. Tentu sekali lagi ada yang setuju dan yang tidak setuju, namun pada akhirnya waktulah yang menjadi penentu. Apakah kita “Krama Bali” yang dalam hal mempersiapkan upakara keagamaan serta adat istiadat ini masih kukuh mempertahankan cara-cara lama (dresta kuna) yang tertradisikan turun-temurun dengan argumentasi “mule keto” dan takut melakukan perubahan. Atau "Krama Bali" yang karena kondisi serta profesinya untuk mencari sesuap nasi di perkotaan sehingga kurang waktu untuk mempertahankan tradisi lama yang memerlukan banyak waktu untuk melaksanakannya. Jika dikarenakan alasan adat serta awig-awig yang berlaku di Desa dan lingkungannya kemudian mereka dipaksa melakukan sesuatu yang bukan keahliannya dan karena “pemaksaan” oleh aturan tsb pada akhirnya mereka harus melepaskan dan meninggalkan profesinya, bukankah kondisi ini akan semakin membuat krama kita itu hidupnya secara ekonomi akan murat-marit? Kemudian pekerjaan yang mereka tinggalkan itu diambil orang dari luar Bali yang mana mereka tentunya tidak akan mengembangkan tradisi Bali meski mereka bekerja di Bali dan ini adalah pengorbanan besar yang akan sangat merugikan Bali (kini bahkan orang “Jawa” bahkan sudah bisa membuat “canang” dan menjualnya). Dan jujur saja, segala pembiayaan untuk berbagai upakara keagamaan kita di Bali dan di Denpasar utamanya, hasil pengamatan tiang secara langsung adalah: 90 % krama Bali masih mengandalkan warisan leluhurnya untuk membiayai semua upacara Panca Yadnyanya. Hanya segelintir saja yang menggunakan "dakin lima" untuk membiayai upacara Panca Yadnya tsb. Tidaklah kemudian heran kalau ada perumpamaan yang sarat guyon bahwa: "Orang Bali jual tanah beli bakso, Orang Jawa jual bakso beli tanah". Maaf yang dimaksud "Jawa" disini bukanlah ditujukan untuk etnis Jawa saja. Karena konotasi "Jawa" disini artinya Jauh (sebutan untuk para pendatang dari luar Bali). Kemudian akan timbul lagi keluhan krama Bali bahwa “orang luar Bali” mengambil lahan pekerjaan krama Bali. Demikian seterusnya, apa itu yang kita inginkan terjadi? Sedangkan untuk melaksanakan upakara keagaam di Bali ini bukankah kita memerlukan biaya yang tidak sedikit? Tiang akan ceritakan tentang suatu katakanlah ini suatu kasus. Begini, salah seorang krabat dekat tiang pernah menampung anak desa di rumahnya. Anak Desa ini drop out SD kelas 5 karena sudah tidak mampu membiayai pendidikannya dikarenakan ayahnya meninggal. Sedangkan ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang tidak punya pekerjaan. Sejatinyalah ia orang miskin. Nah di Denpasar ini si anak yang diajaknya untuk membantu dirumahnya itu oleh krabat tiang ini punya hati mulia untuk menyekolahkan lagi si anak Desa ini. Singkat cerita, si anak pun dapat menyelesaikan pendidikan SDnya dengan baik. Saat krabat tiang ini berniat untuk menanggung si anak Desa ini ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni SMP, tiba-tiba dating utusan dari Desa asal anak ini. Si anak ini diminta kembali ke Desanya untuk “Ngayah Desa”. Hal ini dikarenakan ia tidak punya ayah maka sebagai anak tunggal dan laki-laki pula maka menurut “awig-awig” Desanya ialah yang bertugas menggantikan ayahnya untuk “ngayah” di Desanya. Si anak Desa pun kembali ke Desanya. Maka gagalah usaha krabat tiang yang berhati mulya itu untuk menjadikan si anak Desa ini orang yang memiliki masa depan yang lebih baik dari pada nasib orang tuanya di Desa. Dan di Desanya pun ia “lepug” ngayah Desa. Bila ada suatu kegiatan adat, kegiatan ritual keagamaan (“Panca Yadnya”)di Desa tsb, maka ia pun “ngayah” dan juga kena “ayah-ayahan” seperti beberapa butir kepala, beberapa lembar klangsah dsbya. Sedangkan untuk bahan “ayah-ayahan” itu ia memerlukan uang untuk membelinya. Tentu beda dengan krama desanya yang lain dikarenakan masih punya tegalan dengan segala berbagai jenis tetanaman yang bisa dipetik semisal kelapa dsbnya. Sedangkan si anak Desa ini? Ia betul-betul miskin dan hanya punya “tegak umah” kurang dari setengah are. Nah, disatu sisi dibebankan dengan berbagai tugas kegiatan di Desa sebagai pengganti orang tuanya dan juga “ayah-ayahan” Desa dalam bentuk mentahan seperti beberapa butir kelapa dsbnya itu. Ya kalau hanya sekali dua kali, tapi kegiatan upacara adat di Desanya intensitasnya terbilang padat dan sering sehingga tentu secara ekonomi sangatlah memberatkannya. Disisi lain ia tidak memeiliki pekerjaan dan juga pemasukan serta masa-masa mudanya dimana saat-saat masa menuntut ilmu terbuang dan tidak adanya kesempatan dikarenakan oleh peraturan di Desanya yang tidak memberikan toleransi untuk itu. Tentu juga sangat mempengaruhi masa depan anak ini. Maka, ia akan mengulangi lagi nasib sang ayah almarhum. Tidakkah ada kesempatan si anak Desa ini merubah nasibnya? Kapankah lingkaran setan ini dapat diputus? Jika tidak, kelak keturunan si Anak Desa ini juga akan mengulanginya lagi? Lalu, apakah generasi “Krama Bali” terutama oleh situasi peraturan Desanya akan seperti ini turun temurun? Suka tidak suka, masih ada Desa di beberapa pelosok Bali yang menerapkan aturan adatnya ketat seperti di Desa anak ini. Nah, ini hanyalah salah satu contoh kasus dimana jika kita kurang bijaksana dan mengabaikan sisi humanisme maka pada masa yang akan datang kita “Krama Bali” juga akan terkendala dengan persoalan-persoalan seperti ini. Sekali lagi, tulisan ini hanyalah “raos kutang-kutang” namun siapa tahu juga dapat menginspirasi terutama krama Bali yang hidup dan berhadapan dengan kondisi, situasi kekinian. Bukankah Agama Hindu kita tercinta menyuratkan serta menyiratkan tentang Desa, Kala, Patra? Apa itu artinya. Tiang pernah dengar "pekrimik" beberapa “Krama Bali” bahwa kita terutama di pedesaan lebih takut pada adat yang notabene buatan manusia dibandingkan Agama yang notabene wahyu Ide Betare. Sekali lagi tulisan ini hanyalah “raos kutang-kutang”, Jika tidak berkenaan mohon dimaafkan dan jangan diingat dan anggap tidak pernah ada dan membacanya. Namun siapa tahu tulisan ini menginspirasi bagi Anda dari kalangan kawula muda utamanya yang kelak akan menerima tongkat estafet sebagai penerus tradisi leluhur kita di Bali.
Keterangan Foto : Krama Bali semakin kreatif dan inovatif dalam berjualan alat-alat dan bahan upakara Agama Hindu. Misalnya menjelang Galungan dan Kuningan 29 Agustus 2012 ini. Mereka jemput bola dengan menjajakan barang dagangannya diatas mobil mendatangi rumah warga/konsumen.

Rabu, Mei 16, 2012

KEKUASAAN CENDERUNG SEWENANG-WENANG DAN KORUP !

Manusia adalah makhluk paling cerdas yang diciptakan Tuhan. Manusia adalah makhluk beradab. Sebagai makhluk yang memiliki akal budi yang kemudian membuatnya jadi beradab. Dari sebab ini kemudian melahirkan budaya yang salah satu outputnya adalah adat. Yang mana adat istiadat mempunyai tujuan mulia dan memuliakan manusia serta sebagai wahana salah satu fungsi sosialnya untuk mencapai kesejahteraan lahir dan batin. Namun seperti dalam wacana kearifan lokal menyebutkan bahwasanya sifat-sifat dalam kehidupan ini bagaikan mata uang yang memiliki dua sisi yakni sisi baik serta sisi buruk atau rwa bineda gebitulah istilahnya. Sisi baiknya seperti sudah disinggung diatas dalam tulisan ini adalah untuk mencapai kebahagian lahir dan batin. Namun disisi lain tak jarang bahkan sering dipakai untuk tujuan-tujuan yang tidak baik. Di Bali dimana masyarakatnya sarat dengan kegiatan-kegiatan adat yang notabene sebagai wahana pengejawantahan ajaran Agama Hindu kemudian oleh segelintir oknum yang picik, Adat sering dimanfaatkan atau ditunggangi oleh rasa egoisme oknum picik tersebut untuk menekan sesamanya bahkan saudaranya! Tentu si oknum yang merasa dirinya lebih superior baik secara material dan sosial terhadap pihak yang inferior. Tidak sedikit yang inferior ini kemudian termarginalkan dalam masyarakat dan lingkungannya! Sudah saatnya kini adat ditempatkan pada tujuannya yang benar sesuai niat mulia leluhur kita membuatnya, sehingga adat-istiadat membuat semua umat kita merasa nyaman melaksanakannya. Bukannya beban dan juga bukan karena tekanan oleh wawasan picik segelintir oknum yang terlibat dan melibatkan diri di dalamnya. Sehingga dengan demikian, umat kita kemudian mencari jalan lain yang berbeda dari tradisi kebiasaan dilingkungannya sebagai jalan pintas untuk mengatasi persoalan yang tidak mampu diatasinya dan tiadanya solusi dari masalah yang dihadapinya. Itu masih mending, tidak sedikit kemudian muncul pikiran keluar dari komunitasnya yang sudah terwariskan secara turun-temurun sejak leluhurnya. Dan kini oleh tekanan oknum-oknum picik itu membuat mereka berniat PINDAH AGAMA! Yadnya yang baik mulai dilaksanakan dari pikiran yang baik dan bertujuan mulia. Kemudian dilaksanakan oleh yang memiliki rasa Bhakti dan rasa mengabdi yang tulus ikhlas. Akan semakin manjadi baik bila para penentu di dalam pelaksanaan Yadnya ini memiliki wawasan keagamaan dan landasan sastra agama sehingga memiliki dasar yang baik dan kuat dalam pelaksanaan Yadnya. Jangan dimulai dari pikiran-pikiran yang dikuasai rajasik dan tamasik! Suryak Siu serta pikiran-pikiran yang jauh sekali dari pikiran suci, tulus ikhlas, damai untuk suatu kemuliaan dan kebahagiaan lahir batin bersama-sama. Dengan demikian semoga Yadnya yang dilakdanakan dapat diterima oleh Tuhan ! Kata-kata dalam wacana bijak: PEMILIK KEKUASAAN CENDERUNG SEWENANG-WENANG DAN KORUP ! Tak terkecuali dalam masyarakat kita di Bali ! YA TUHAN, SEMOGA PIKIRAN YANG BAIK DATANG DARI SEGALA PENJURU !